Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kerinci Adakan Rapat Koordinasi Penanganan Pelanggaran dengan Panwascam

Rakor Penanganan Pelanggaran

Anggota Bawaslu Provinsi Ari Juniarman, S.H., M.H ( Tengah ) Memberi Arahan Terkait Penanganan Pelanggaran Pemilu

Jum'at, 26 Januari 2024

Sahabat Bawaslu kerinci , Dalam Upaya pencegahan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) terus digencarkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kerinci. Di mana saat ini Bawaslu mulai membahas strategi penanganan pelanggaran Pemilu 2024. Langkah itu guna mewujudkan pemilu yang jujur adil serta berkualitas dan demokratis, Untuk mengoptimalkan kinerja Panitia Pengawas Kecamatan atau Panwascam, Bawaslu Kabupaten Kerinci, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Pelanggaran Pemilihan Umum 2024 diKantor Bawaslu Kabupaten Kerinci.


Menurut Anggota Bawaslu Kerinci, Chintiya Albert Siin, S.Pd Rapat Koordinasi untuk membahas penanganan pelanggaran Pemilu 2024. serta dapat berjalan dengan lancar, adil, dan transparan.

Berbagai strategi dibahas untuk mengatasi potensi pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi selama proses penyelenggaraan Pemilu 2024.

“fasilitasi dan pembinaan penanganan pelanggaran Pemilu. Langkah ini dalam rangka optimalisasi dan pemantapan strategi pengawasan pemilu dalam penanganan pelanggaran pemilu,” kata Chintiya, Jum’at (26/01).

Ia memaparkan, terdapat beberapa poin strategi utama yang dibahas guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu. Utamanya adalah upaya agar seluruh pengawas pemilu di daerah itu dapat dipastikan memahami terkait peraturan Bawaslu dan Undang-Undang yang mengatur pemilu 2024. Sebagaimana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Begitu pula dengan Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu. Di mana penanganan temuan dilakukan oleh Bawaslu berdasarkan laporan hasil pengawasan pengawas pemilu atau hasil investigasi.


adapun diacara ini dihadiri oleh Koordiv Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Jambi Ari Juniarman,S.H.,MH, Dalam penyampaiannya ““Kita mengoptimalkan serta memantapkan strategi pengawas pemilu dalam penanganan pelanggaran pemilu. Semua sesuai dengan regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai pemilu,” jelas Ari

Di sisi lain menurutnya, dengan memahami aturan pemilu pelanggaran dapat dicegah dan ditangani sesuai aturan. Dampaknya pemilu dapat berlangsung berkualitas dan demokratis. Upaya tersebut juga untuk memastikan pengawasan pemilu memiliki integritas dan transparan. Maka dari itu, seluruh pihak di masyarakat diminta agar terlibat dan bekerja sama dengan baik mengawasi pemilu dan untuk suksesnya pemilu 2024.

Dirinya tak memungkiri dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu rentan terjadi dugaan pelanggaran. Bawaslu terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memahami mekanisme yang telah diatur. Oleh karenanya, ia meminta jajaran bawaslu di semua tingkatan, untuk rajin mitigasi kerawanan, guna mengantisipasi pelanggaran pemilu.

“Proses tahapan penyelenggaraan pemilu rentan terjadi laporan dugaan pelanggaran. Maka kita perlu mempersiapkan SDM yang memahami mekanisme yang diatur dalam penanganan pelanggaran pemilu. Baik di tingkat Panwaslu Kecamatan,” urainya.

Kendati demikian kata Ari Bawaslu Kerinci kini berfokus terhadap optimalisasi serta pemantapan di tingkat kecamatan. Di mana sebelumnya panwascam telah mempraktikan alur penerimaan laporan melalui simulasi penanganan pelanggaran Pemilu. Melakukan inventarisasi masalah dan kerawanan tahapan kampanye berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya dan berdasarkan analisis terhadap isu kampanye pemilu saat ini.

Selain itu penyamaan tafsir, persepsi, dan pemahaman antara stakeholder dan pengawas pemilu di seluruh tingkatan mengenai pencegahan pelanggaran dan pengawasan tahapan kampanye.

Serta memperoleh masukan dari instansi atau lembaga, akademisi, masyarakat sipil yang berkaitan dalam pencegahan dan pengawasan tahapan kampanye. Sekaligus menentukan peta jalan strategi pencegahan dan pengawasan tahapan kampanye pemilu.

“Unsur pelayanan juga lebih Kita fokuskan agar penerimaan laporan ditingkat kecamatan maupun kabupaten lebih profesional dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Agar seluruh pengawas pemilu ditingkatkan Oleh Kecamatan dan kabupaten Agar dapat lebih siap dan terkoordinasi dalam menghadapi potensi pelanggaran dengan memahami regulasi menghadapi pemilu,” pungkas Ari

Foto : Chandra

Penulis : Tomi

Editor : Rahmat

Pimpinan Redaksi : Freddie