Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

BAWASLUJAMBI-Untuk memberikan pemahaman dan teknis pengawasan kepada jajaran Bawaslu di bawahnya, Bawaslu Provinsi Jambi menggelar peningkatan kapasitas SDM bagi Bawaslu Kabupaten/Kota dalam rangka TOT bagi fasilitator Bawaslu Kabupaten/Kota dan Bimbingan Teknis Bagi Pengawas TPS dan Saksi Peserta Pemilu 2019.

Namun dalam rangkaian acara tersebut, dilakukan simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara. Hal ini untuk melihat cara dan proses pengawasan dalam pelaksanaan hari H. “Jadi setiap potensi dan dugaan pelanggaraan yang akan terjadi sudah bisa di deteksi sejak dini, terutama dalam pengawasan yang akan dilakukan oleh Pengawas TPS dilapangan,” ujar Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi, S.Sos Rabu  (20/3).

Tampak rangkaian simulasi ini diawasi langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi sekaligus memberikan pengarahan atau materi kepada peserta.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Rofiqoh Pebrianti, SP  mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka menyiapkan Panwaslu Kecamatan agar mampu membimbing jajarannya ke bawah hingga ke tingkat Pengawas TPS.

“Jadi kegiatan ini dilakukan berjenjangan, dan berharap dengan adanya acara ini diterapkan di daerah masing-masing, karena kegiatan ini akan dilakukan melakukan simulasi di TPS, sehingga para peserta dituntut aktif, agar nanti point-point penting dapat diperoleh dari acara yang diadakan ini,” pungkasnya. (*)

Sumber : Humas Bawaslu Provinsi Jambi

Tag
Berita