Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Provinsi Jambi Lakukan MoU dengan 30 Lembaga

JAMBI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi teken nota kesepakatan atau MoU (Memorandum of Understanding) dengan 30 lembaga untuk pengawasan Pemilu 2024. Penandatanganan dilakukan usai menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif di Hotel BW Luxury, Sabtu (10/09).

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin mengatakan, penandatanganan MoU ini sangat penting bagi Bawaslu sebagai langkah pengawasan kedepan. Apalagi ada 30 lembaga yang terlibat dalam penandatanganan tersebut.

“Ini baru pertama di Provinsi Jambi ada 30 lembaga yang terlibat dalam penandatanganan MoU, yaitu dari perguruan tinggi, organisasi kegamanaan, pegiat pemilu, organiasi masyarakat (ormas) dan aliansi media,” ujarnya.

Menurutnya, MoU ini menjadi penting karena Bawaslu tidak bisa melakukan tanpa ditopang dan dorongan dari luar. Dia berharap, kedepan dapat bersama-sama membangun sosialisasi pengawasan partisipatif. “Jadi semua elemen bergerak melakukan pengawasan berdasarkan tupoksi masing-masing,” ucapanya.

Sedangkan organisasi keagamaan juga tidak kalah pentingnya. Bawaslu berharap bisa membangun dan menyebarkan luaskan informasi dan sosialisasi. “Sehingga konflik SARA, politik identitas dapat di minimalisir melalui sosialisasi yang akan dilakukan,” katanya.

Terkahir, Bawaslu berharap melalui kegiatan ini pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan adil dan berintegritas. “Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat bersinergi menciptakan pemilu yang baik di Jambi,” pungkasnya. (*)

Tag
Berita